Breaking News

Download Panduan Penggunaan e-Rapor


Upaya mewujudkan pendataan yang menyeluruh dan terintegrasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan sistem pendataan berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2018 yang didalamnya termasuk data nilai peserta didik.

Aplikasi e-Rapor adalah aplikasi berbasis web, dimana dalam satu sekolah aplikasi e-rapor ini cukup diinstal pada server atau PC yang difungsikan sebagai server.

Sedangkan untuk client (dalam hal ini admin, guru, guru BK, wali kelas, dan peserta didik) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Berikut ini adalah contoh konfigurasi jaringan pada aplikasi e-Rapor menggunakan kabel (LAN) dan nirkabel.

1. Konfigurasi Jaringan Kabel


2. Konfigurasi Jaringan Nirkabel


3. Ruang Lingkup

Ruang lingkup panduan e-Rapor SMA ini mencakup karakteristik aplikasi e-Rapor SMA baik untuk penilaian sistem paket maupun sistem kredit semester (SKS), alur data e-Rapor SMA, Level kewenangan pengguna e-Rapor SMA yang meliputi kewenangan admin, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan siswa.

Panduan untuk admin meliputi langkah tugas dan kewenangan admin, alur kerja admin dari instalasi e-Rapor SMA versi 2018.e hingga pengiriman nilai ke server Dapodik.

Panduan untuk guru mata pelajaran meliputi tugas dan kewenangan guru mata pelajaran dalam hubungannya dengan e-Rapor SMA. Demikian halnya alur kerja guru mata pelajaran mulai memetakan kompetensi dasar, mengedit deskripsi kompetensi. Selanjutnya guru mata pelajaran menginput nilai baik secara manual maupun dengan cara impor.

Panduan untuk guru bimbingan dan konseling, mencakup kewenangan guru bimbingan dan Konseling dalam e-Rapor SMA serta input nilai sikap baik spiritual mapun sosial. Dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling juga dapat memantau grafik perkembangan nilai siswa dari setiap semester.

Panduan untuk wali kelas mencakup kewenangan wali kelas dalam e-Rapor SMA serta langkah input nilai sikap, input kehadiran siswa, input nilai ekstra kurikuler, input catatan wali dan cetak rapor.
Panduan untuk siswa mencakup kewenangan siswa dalam e-Rapor SMA serta panduan untuk melihat nilai dalam e-Rapor.



Selengkapnya Silahkan Download Panduan e-Rapor.


No comments